Sondag 31 Maart 2013

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



TUGAS  INDIVIDU
TEKNOLOGI,INFORMASI DANKOMUNIKASI
OLEH:
RISNAYANI
A 401 11 063



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2013




1.      Email
ü  Pengertian Email
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu dengan jaringan internet. SUrat lektronik atau email memungkinkan kita dapat mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada orang lain yang juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh penyedia layanan email adalah Yahoo, gmail, Hot Mail dan masih banyak lagi.  Penyedia layanan email email umumnya menyediakan dua layanan, yaitu layanan berbayar dan layanan gratis.

ü  Fungsi Email :
Kelebihan Penggunaan Email
1.      Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
2.      Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
3.      Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
4.      Hemat
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
5.      Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
6.      Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
7.      Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Kelemahan Penggunaan Email
1.      Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
2.      Rawan Penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
3.      Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
4.      Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
5.      Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
6.      Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

ü  Cara membuat Email :
1.      Pada browser bukalah YahooMail lalu pilihlah tombol ” sign up”.
2.      Pada sebelah kanan atas, pilihlah bahasa yang digunakan,
3.      Sekarang masukkan nama email Anda, dan tekan tombol “check” untuk melihat ketersediaan nama tersebut.
4.      Apabila nama email tersedia, lanjutkan dengan mengisi password email yahoo Anda dan ulangi password Anda pada “Re-type Password”.
5.      Apabila anda mempunyai email lain, bias mengisinya di pada poin 3, lalu isi juga pertanyaan apabila suatu saat kelupaan password.
6.      Istilah kode verifikasi sesuai dengan gambar yang muncul, kode ini bersifat acak jadi tiap pendaftaran selalu berubah-ubah.
7.      Centang kolom “Do you agree?” , sebagai tanda Anda setuju dengan persyaratan dari yahoo.
8.      Terakhir klik tombol “Create My Account” untuk membuat account Anda.
9.      Bila telah berhasil, maka Anda Akan Mendapatkan Ucapan Selamat dari Yahoo seperti dibawah. Untuk masuk langsung ke email Anda, silahkan klik tombol “continue”.
10.   Pada Sebelah kanan, klik Tulisan “Mail” maka email yahoo Anda akan segera muncul dan selesai.

2.      Facebook
ü  Pengertian Facebook
Facebook adalah Layanan jaringan social dan situs web, agar semua orang bias membuat profil pribadi yang bertujuan mencari teman, keluarga, yang tidak pernah kita jumpai atau bertemu. Facebook juga menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Pengguna dapat bergabung dengan group pengguna yang memiliki tujuan tertentu,  di urutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi,atau karakteristik lainnya.
ü  Fungsi facebook :
Beberapa fungsi/kegunaannya antara lain :
1.      Berbagi/sharing pengalaman ke teman2,
2.      Membuat sebuah halaman komunitas ,
3.      Membuat/membentuk sebuah grup untuk kelompok mereka,
4.      Menjadi tempat bisnis terbaik.
5.      Sebagai ajang mencari teman.
6.      Sebagai tempat curhat
7.      Sebagai tempat untuk mencari pacar dan jodoh
8.      Mempererat persaudaraan
9.      Tempat untuk men'siarkan agama
10.  Membagi ilmu kepada teman-teman.
11.  Sebagai tempat diskusi
12.  Untuk mencari teman lama
dan lain-lain, masih banyak fungsi-fungsi dari facebook, tapi di antara yang diatas yang sering di gunakan oleh para facebooker.

ü  Cara Membuat Facebook :
1.      Buatlah akun Facebook di www.facebook.com
2.      Ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman. Klik bahasa pada bagian kiri bawah.
3.      Isi data kamu dengan lengkap pada kolom daftar isian. Klik tombol buat akun / mendaftar. Kemudian akan muncul halaman Pemeriksaan Keamanan. Lalu Klik Mendaftar sekali lagi.
4.      Muncul halaman baru berupa Langkah 1, Langkah 2 dan Langkah 3. Isi password email anda pada Langkah 1 untuk mencari daftar teman dalam Email kamu yang sudah mendaftar facebook. Langkah 2 isikan data sekolah dan perusahaan jika sudah bekerja atau lewati untuk menuju Langkah 3. Pada Langkah 3 upload foto kamu dari komputer. simpan dan lanjutkan atau kamu bisa lewati untuk langsung menhuju halaman utama facebook.
5.      Periksa email yang kamu gunakan pada saat mendaftar. Klik tautan (link) yang di kirim Facebook.
6.      Login menggunakan email dan password kamu.
7.      Setelah masuk halaman utama dan email sudah terverifikasi tambahkan koleksi foto kamu dan isi profile kamu secara lengkap untuk memudahkan pencarian oleh teman-teman kamu.
3.      Pengertian Bloger
ü  Pengertian Bloger :
Blog adalah singkatan dari weblog, biasanya berisi konten yang sifatnya dinamis. Blog juga dapat berarti catatan online. Blog akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.
ü  Fungsi bloger:
Ada beberapa manfaat dan fungsi blog yaitu;
1.      Sebagai sarana ekspresi diri.
Biasanya ini dipergunakan individu yang ingin mencurahkan segala uneg-uneg, ide dan gagasan yang mungkin tidak bisa tersalurkan secara nyata. Maka dari itu dengan ngeblog, segala macam dan gagasan tersebut bisa dicurahkan dalam sebuah tulisan di blog.
2.      Sebagai media dan wahana berlatih menulis.
Sesorang yang terbiasa mebuat sebuah artikel di blog, tentu akan mereview kembali hasil postingannya. Dari situ dia bisa mengedit tulisannya yang barangkali ada kekurangan dalam hal tata bahasa dan lainnya. Seseorang yang terbiasa menulis tentunya juga pada proses selanjutnya akan dengan mudah membuat tulisan yang lebih berkualitas.
3.      Sebagai sarana promosi.
Berbagai macam cara ditempuh seseorang dalam memperkenalkan suatu produk barang atau jasa, tidak terkecuali dengan media internet dan membuat blog. Tidak sedikit pula artis dan selebritis juga membuat blog agar lebih tenar. Dan trend saat ini berkenaan dengan masalah politik, yaitu dalam upaya kampanye calon-calon kepala daerah, partai politik amaupun calon anggota legislatif.
4.      Blog sebagai sumber penghasilan utama dan tambahan.
Tidak sedikit blogger (sebutan untuk seorang yang menekuni dunia blog) yang sukses yang mampu mendapatkan keuntungan finansial hanya dengan nge blog. Ratusan bahkan ribuan dollar mengalir ke kantong mereka tiap bulannya. Tak sedikit pula orang yang mengandalkan blog sebagai gantungan hidup. Banyak cara mendapatkan uang dengan ngeblog. Misalnya Google adsense, iklan PPC pay per click, maupun penayangan iklan produk dan jasa di blog.
ü  Cara membuat Bloger :
Pertama untuk memulai membuat blog silahkan untuk mengenjungi situs blogger.com. Setelah halamannya terbuka, silahkan anda cari tombol Sign Up di pojok kanan atas. Kedua, kalau sudah di klik terus muncul form, Name: Isi dengan nama anda.
Choose Your Username: Isikan username pilihan anda, ini nanti juga dibuat menjadi alamat email anda. Birthday:Isi tanggal lahir, bulan dan tahun anda.
Gender: Kalau anda pria pilih yang male, kalau anda wanita pilih sebaliknya yakni yang female. Kalau anda masih belum yakin dengan gender anda, anda bisa memilih other hehehehe.Mobile Phone: Isikan no handphone anda, nanti untuk dibuat verifikasi akun anda.Your Current Email Address: Di kosongi juga tidak apa-apa.
Lalu isi kode verifikasi seperti gambar diatas, kemudian centang untuk menyutujui pembuatan akun tersebut.Kemudian tekan tombol next step.

Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, anda lewati saja dengan menekan tombol next step. Untuk mengunggah foto di akhir tahap juga bisa.
              cara+membuat+blog+3
Figure 1

Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja anda klik Back to Blogger.
                          cara+membuat+blog+4

NB: akhirrudinblog@gmail.com itu untuk masuk kedalam akun kita, jadi jangan sampai lupa dengan alamat email anda sendiri.

Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini abaikan saja, untuk mempercepat proses pembuatan blog tersebut. Langsung saja untuk klik tombol Lanjutkan ke blogger.
                                           
                                                cara+membuat+blog+5




Jika sudah menekan tombol lanjutkan ke blogger, anda akan masuk kedalam tampilan utama pada blogger. Di situ anda bisa melakukan apa saja untuk blog anda. Langsung saja membuat blog klik new blog atau blog baru seperti gambar di bawah ini.
                                cara+membuat+blog+6
                                          

Setelah memilih tombol new blog atau blog baru tadi, akan dibawa menuju halaman blog. Kemudian isi title atau judul blog dengan keinginan anda. Pada bagian address atau alamat, anda bisa mengisi alamat tersebut dengan keinginan anda, kalau sudah pilih template atau tema kesukaan anda. Contoh seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik tombol create blog atau buat blog.
4.      Twiter
ü  Pengertian Twiter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

ü  Fungsi Twiter
Fungsi Twiter yaitu
Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru atau apa yang sedang terjadi terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari. Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang berita utamanya selalu Anda rasa menarik - Anda dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
ü  Cara membuat Twiter :
Buka situs halaman registrasi Twitter yang beralamatkan di https://twitter.com/signup
Pada isi secara lengkap data-data yang diminta yaitu nama lengkap, email, password, dan username dan isi hingga datanya valid seperti tampak pada gambar dibawah ini. Setelah semua data diisi dan valid maka langkah selanjutnya yaitu klik “Create My Accout” untuk memulai membuat twiter.cara membuat twitter
Selanjutnya silahkan buka email anda dan lihat pada inbox. Buka email confirmasi dari twitter dan klik links konfirmasinya. Lihat gambar dibawah ini.                                                                           cara membuat twitter 
Setelah anda klik links tersebut maka akun twitter sobat sudah selesai dibuat, dan selanjutnya kita tinggal mengatur setting profilnya saja.caranya yaitu Klik Menu kemudian pilih View My Profile Page maka akan terlihat seperti tampilan sebagai berikut.cara membuat twitter
Langkah selanjutanya klik “Edit Your Profile” dan silahkan ganti foto profile anda dengan mengeklik tombol browse dan setelah itu silahkan pilih foto terbaik anda untuk dijadikan foto profile pada twitter. cara membuat twitter
Isi website jika mempunyai web atau blog dan jangan lupa isi Bio anda dan jika sudah selesai semua sekarang tinggal klik “Save Changes

5.      Friendster
ü  Pengertian Friendster
Friendster adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb Untuk bisa menjadi anggota di Friendster tersebut. Terlebih dahulu kita harus punya E-mail. Jadi, nah kalo misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus mendaftar. Tapi jika sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar secara langsung tanpa harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan.
ü  Fungsi Friendster :
Yaitu salah satunya kita bisa mencari teman cewek atau cowok, jadi intinya di friendster kita bisa punya teman yg bukan hanya di dunia nyata melainkan di dunia friendster situ kita bisa bersahabat dengan mereka .
Dan di friendster tidak hanya buat untuk mencari teman saja, melainkan kita kalau sudah akrab ,,kita bisa janjian ketemuan atau istilah jumpa fans dengan sahabat kita.
ü  Cara membuat Friendster :
Untuk membuat akun frienster atau mendaftar di frienster.com kita awali dengan membuka alamat  www.friendster.com
mendaftar-frienster

Tunggu, sebentar hingga halaman situs friendster  muncul seperti di bawah ini:
untuk memulai mendaftar di frienster cukup mudah, kamu tinggal masukkan alamat email kamu yang masih aktif, kemudian klik pada tombol Join New. perhatikan gambar di bawah ini.
cara-membuat-friendster-mendaftar

 Setelah klik pada tombol Join Now nanti akan ada perintah agar kamu mengecek email kamu.
cara-membuat-friendster-mendaftar-2


 

 Silahkan login pada email kamu, pada contoh panduan ini yang saya gunakan adalah email di yahoo.com , jadi saya login ke mail.yahoo.com
cara-membuat-friendster-mendaftar-e
 Cek di kotak masuk, dan buka email yang dari frienster.com
cara-membuat-friendster-mendaftar-4
 isi dari email tersebut berisi perintah untuk melakukan verisikasi email, silahkan klik pada tombol Verify email seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.
cara-membuat-friendster-mendaftar-5
 setelah kamu klik tombol Verify email, nanti akan diarahkan ke halaman baru yang berisi formulir isian data pribadi kamu untuk melanjutkan proses pendaftaran di friendster.
cara-membuat-friendster-mendaftar-6



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking